06 June 2009

Pembahasan mendalam

Postingan kali ini serius,
Tentang apa yang gue pikirkan, dan rasakan, tentang semuanya.

Serius loh, gak lucu, diskip aja postingan ini kalo lagi pengen ketawa.
Sekarang waktunya mikir. Hahaha

Belakangan gue lagi kepikiran semua aja, semua orang - orang yang berjasa ngebentuk gue jadi kaya sekarang ini. Kalau lo emang ngerasa berjasa dalam hidup gue, cari dimana elo disini. Urutan penyebutan gak berpengaruh.

Dimulai dari perkara cinta - cintaan.
Gue ngeliat temen gue, kayanya pacaran gitu amat yah, dikit - dikit berantem, padahal dulu mah waktu masih karib, sebelum jadian, gue liat fun - fun aja.
Masih ketawa - ketawa terus. Malah kayanya mendingan (dan karib gue tersebut ini salah mengartikan dengan) mendingan lo berdua gak usah jadian deh.

Sebenernya sih gak gitu juga maksud gua.

Gue cuma ngeliat (dan ini cuma sebatas penglihatan gue aja) kayanya mereka lebih fun waktu mereka masih belom jadian. Dimana tiap hari yang ada cuma tawa, gak kaya sekarang yang dikit - dikit nangis, berantem, sama cemburu yang over.
Ya bukan berarti mereka harus keluar dari hubungan ini dan balik lagi jadi karib lagi sih, tapi yah bikin ajalah semua jadi kaya dulu.

"Abis dianya kaya gitu, lo!"

Lah dari sebelum jadian dia emang kaya gitu, dan pas udah jadian juga dia tetep masih kaya gitu. Lo juga, masih kaya gitu.

Kenapa dulu ama sekarang bisa beda kalo gitu?

Don't take love seriously?! dalihnya sih gitu.

Ya, serius sih. Tapi dibawa aja simple, gak usah terlalu dibikin rumit, kaya sekarang.

Pernah juga sih gue kaya gitu, sering malah. Dan udah pernah gue bahas juga dipostingan gue yang mana tau lupa, udek - udek aja sendiri.

Ya gak tau lah, bisa panjang lagi kalo ngebahasnya lagi, masih banyak yang pengen gue tulis soalnya.

Sebenernya sih gue emang gak suka pacaran dibawa serius, pengennya dibawa becanda aja. Tiap hari ketawa - tawa, ketawa - ketawa, dan ketawa - ketawa lagi. Pacaran sih, tapi kadang malah keliatannya kaya temen biasa, kadang kaya sahabat, kadang kaya ade kakak, tapi emang beneran enak ngejalaninnya. Sama aja jadi kaya temenan biasa, tapi orientasi perasaannya ke pacaran. Rasa sayang mah tetep besar cuma ngejalaninnya ya dengan cara yang, begitulah. . .Abnormal. mungkin.

Tapi gue jalanin, lama - lama jadi kaya orang pacaran "normal", malah gue ngerasanya gak sePewe dulu. Gak tau apa yang bikin beda, tapi beda. Sama aja kaya kasus temen gue diatas, atau mungkin kasus cewek pertama yang bilang "nggak" ke gue -_- . Dia bilang sih pengen deket terus sama gue, takut begini, takut begitu. Tapi guenya lebih takut lagi kalo dia hilang dari hidup gue, makanya kita jadian juga. Tapi bener sih, emang beda pas sebelum jadian ama pas jadian. Untung kita masih bisa berhubungan baik, sekalipun udah gak jadian, fyuh!

Sekarang gue (rasa kalo gue) udah bisa ngebedain orientasi gue terhadap orang - orang. Mana yang gue rasa bakal pewe buat pacaran, atau bakal rusak hubungannya kalau misalnya gue, dan dia pacaran. Tapi ternyata, kalau gue deket, terlalu deket, malah bisa ribet juga kebelakangnya. Orientasi awal gue ke dia beda, ujung - ujungnya ekspetasi gue ke dia sama ekspetasi dia ke gue beda. Ujung - ujungnya malah nyakitin orang lagi.

Huah bingung deh gua jadinya -_- .

Kaya lo, seseorang yang gak bakal bisa gue ngelepas rasa bersalah gue ke lo, sekalipun ini udah lewat bertahun - tahun. Dan sekarang lo udah kaya gak mau ngobrol lagi ke gua. Huaah, sekalipun bercak air mata lo pernah jadi halaman muka di folder gue untuk sekian bulan, tapi kayanya gue gak bakal pernah bisa benerin itu semua lagi.

Gue cuma mau kita semua (lo, orang - orang yang berjasa di hidup gue, ataupun pernah berjasa dan gue gak tau kalian dimana) bisa berhubungan baik. sangat baik - baik aja.

Ada yang janji, bakal sahabatan sama gue sampe mati, belom mati aja udah kaya gini. Iya, iya. Gue gak boleh egois, gue harus ngertiin lo. Sekalipun gue rasa (ya mungkin cuma perasaan gue yang egois ini) lo gak pernah punya waktu buat "sahabat sampe mati" lo ini. Terakhir ketemu lo masih make rok abu - abu, itu juga (ya mungkin cuma perasaan gue yang egois ini) lo lebih konsen sama temen - temen lo yang notabene lo bisa ketemu mereka setiap hari. Setelah hari itu, mungkin cuma ada kata - kata kangen, yang gak pernah bisa terealisasikan. Dan belakangan, kata kangennya juga udah ilang. Oke, gue ngerti kok kalo lo sibuk dengan kuliah lo, dengan semua tugas lo. Gue bakal ngertiin itu, dan bakal terus nyoba buat ngertiin itu.

Lo terlalu berjasa, bangunin gue dari jatuh gue yang panjang, dan gue juga gak mau ngapus lo dari hidup gue semudah itu. Buat ngapus semua tawa kita setiap harinya (dulu), sama kembaran gue, yang mungkin harusnya gue udah kenal dia dari dulu, dia deket di dalem hidup gue, tapi gue gak pernah engeh sama eksistensinya yang krisis itu. Dengan jargon - jargonnya yang mungkin nyeleneh, tapi berarti sangat filosofis buat gue. Sampe dia dateng, pindah ke Jakarta, dan lo jealous karena mungkin gue lebih deket sama dia. Gue cuma mau nepatin janji ke dia yang bilang bakal jagain dia kalo dia udah di Jakarta. Dan sempet kita berantem, karena ada seorang muka dua, yang kala itu gue puja yang nyoba ngancurin semua tentang kita.

Semua hampir sempet ancur, semua pernah bener - bener ancur. Sampe gue mulai makin deket sama dia. Dia yang paling bisa bikin gue up lagi seberapapun jatuhnya gue, seberapapun seringnya muncul dan hilang dan muncul dan hilang lagi dalam hidup gue. Dan semua silih berganti gantian bangunin gue dari jatuh gue yang panjang. Mulai dari pacarnya dia yang dulu, yang pernah gue rasa, dia udah ngelupain gue dan punya orang - orang baru, ternyata semua emang perkiraan gue yang salah. Dan pacarnya yang sekarang, yang mungkin rela cuma demi gue, musuhan sama sahabat masa SMAnya, cuma demi gue, cuma demi bisa terus deket sama gua. Aaaaaa...Atau anak - anak SMP, gadis pertama yang bisa bikin pacar gue saat itu jealous, yang sekarang udah makin dewasa, dan udah bisa nasehatin gue, dan juga sahabat masa SMPnya yang selalu nemenin gue di satu tahun terpuruknya gue. Dan orang yang mungkin, sadar atau ngga, sengaja atau nggak, gue pernah ngejauhin lo. Tapi lo tetep ada disitu, di tahun terbaik, maupun di tahun - tahun terburuk gue sekalipun, lo tetep disitu, dan seberapapun yang terjadi, gak pernah ngerubah arti seorang gue di mata lo. Dan lo juga gak bakal pernah, ngegeser diri lo dari posisi itu.

Tapi semua udah terlanjur ancur, udah gak bakal ada Kribos lagi, gak bakal ada Bandars lagi. Tapi semua rasa hilang yang gue alamin, bikin gue ngerti, kalau gak ada yang abadi. Lo gak bakal tau siapa yang bakal hilang, lo juga gak bakal tau siapa yang datang.

Balik lagi ke perkara cinta - cintaan, beberapa kali gue suka sama orang, tapi gue gak tau kenapa, kayanya ada aja yang jadi portal buat gue ngedeket. Gak lama, temen gue deket sama orang tersebut, dan jadian. Ngeliat mereka jadian, ngeliat gaya si orang yang gue taksir tersebut pacaran, entah kenapa gue ngerasa bersyukur, dan bikin gue ngerti, kalau gak semua yang lo inginin itu yang lo butuh. Kalau mungkin gue emang gak bisa deket terus sama mereka, mereka yang pernah berjasa buat hidup gue. Yang sempet jadi temen main gue untuk sekian bulan, yang hampir bisa ngobatin gue dari kangennya gue sama permainan gue masa lalu. Dengan orang yang nyuruh gue nonton "The Secret", dan dengan orang - orang yang masih bertahan sama gue sekarang. Selama gue udah berusaha buat pertahanin mereka, dan ujung - ujungnya mereka tetep hilang, ya gue bisa bilang apa. At least gue udah berusaha gak semudah itu ngapus mereka dari hidup gue, yang penting aksi, bukan reaksi.

Dan kalau gue pikir - pikir lagi, semua emang bener - bener lucu. Lo gak bakal pernah tau siapa yang bakal dateng, dan siapa yang bakal pergi dari hiduplo, lo juga gak bakal tau siapa yang bakal mendeket, dan siapa yang bakal menjauh dari hiduplo.

Bisa aja lo bakal nemu dia di situs pertemanan yang mungkin lo rasa situs itu gak penting.
Bisa juga dia tiba - tiba dateng ke sekolah lo, terus lo ngobrol sama dia, lo nonton dan seiring sama semuanya lo udah deket sama dia.
Bisa juga tiba - tiba dia ada di kursi sebelah lo pas lo duduk, atau lo tiba - tiba ada di depan gerbang rumah dia.

Atau mungkin dia sebenernya deket di hidup lo tapi lo gak pernah engeh sama dia.

8 comments:

  1. tentang apan nih lip ? ge bingung bacanya
    -brende

    ReplyDelete
  2. olip.
    aku gak tau pasti aku tuh yang mana yah, tapi apapun itu, aku bacanya senyum-senyum sendiri sampe pengen nangis.
    gak bisa dipungkiri, walau kita deket awalnya dengan alihalih 'pacarnya temen gue' tapi gak tau kenapa malah sekarang cuman 'pacarnya temen gue' ini yang malah nerima aku apa adanya.
    orang yang bisa aku kangenin bgt,
    aku sayangin bgt. seperti aku sayang sama dyan.

    bentuk wujud memang bisa hilang, pergi, atau keberadaannya bisa membuat kita merasa senang dan kehilangan.
    tapi seiring berjalannya hidup dan dunia pertemanan, aku belajar untuk menyimpan orang di dalam hati. dan yakin kalo cara itu lebih abadi.

    olip, makasi ya.
    jangan lupa baca blog aku sering2.
    makasi byk ya olip ya, aku seneng bgt dan bangga sama kamu, dek.

    - ubon

    ReplyDelete
  3. kamu bikin nomer ato apa kek biar aku tau sebenrnya kamu bahas berapa orang.

    *hug
    jgn sombong2 ya entar kalo udh ke jogja (:

    ReplyDelete
  4. hidup adalah permainan pil.
    lo mau main serius apa lo mau main bercanda.
    itu pilihan.
    lo mau main nintendo apa lo mau main sega itu juga pilihan.

    aslinya kita ini (manusia) juga cuma mainan kok,
    mainan milik yang diatas (plafon).

    ReplyDelete
  5. And so we talked all night about the rest of our lives
    Where we're gonna be when we turn 25
    I keep thinking times will never change
    Keep on thinking things will always be the same
    But when we leave thus year we won't be coming back
    No more hanging out because were on a different track
    And if you got something that you need to say
    You better say it right now because you don't have another day

    Because we're moving on and we cant slow down
    These memories are playing like a film without sound
    And i keep thinking of that night in June
    I didnt know much of love but it came too soon
    And there was me and you and well we got real blue
    Stay at home talking on the telephone with me
    We'r get so excited and we'd get so scared
    Laughing at ourselves thinking life's not fair

    And this is how it feels,
    As we go on, We remember
    All the times we, had together
    And as our lives change, come whatever
    We will still be, Friends forever

    gue setuju yg dibilang ubon. menyimpan seseorang di dalam hati akan jauh lebih abadi. gue gak perlu ngucap lagi disini, krn gue tau klo lo tau gue sayang sama lo. CHEERS! :D

    xoxo - tata :))

    ReplyDelete
  6. widiihh...
    why so serious??
    hehehe..
    saat philosophia berfilosofi, ternyata baru sadar, anda pantas mendapat gelar master.. :p
    lip, gue speechless..
    gatau mesti tersanjung apa tersandung..
    mau tersanjung, takut tar bersambung mulu ampe episode 13..
    mau tersandung, tar dicengin ga ada batu ga ada apa masa tersandung..
    jadi gue memilih untuk bebahagia saja, soalnya gue beruntung dalam hidup saya ada satu orang yg bernama philosophia.. hehehe..

    "gak semua yang lo inginin itu yang lo butuh"

    dan anehnya, kadang, apa yang lo butuh terkadang adalah yang ga lo inginkan..


    dan bumi masih berputar, matahari masih bersinar, kita juga masih aja terus belajar..

    ps: gajelas bgt ni komen gue.. ngejunk bet.. haha..

    peace out!

    _Agi Mcpot_

    ReplyDelete
  7. Kalau hidup ini memang sandiwara,

    Terlalu banyak orang memakai topeng di atas panggung, dan gue akan lebih memilih untuk menjadi pemain teater rendahan yang berakting dengan jiwa ketimbang menjadi pemeran dengan akting yang berlebihan, untuk tujuan komersil.

    Kalau hidup ini memang permainan,

    Gue yakin bakal sampe ujung permainan ini setiris apapun darah gue di pojok kanan atas layar.

    Karena gue gak bermain sendirian,
    Thank God gue udah ketemu kalian, makasih buat semuanya :D

    ReplyDelete
  8. yaah... sadar ga sadar.. semua orang itu a simply actor/actress..

    _pot_

    ReplyDelete